Apa Itu Hidroterapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Bahan bacaan Hidroterapi no 1
Tri Gunadi – www.klinikyamet.com
Apa itu Hidroterapi
Olahraga renang baik bentuk aktivitasnya maupun media kolam renang telah terbukti berfungsi sebagai bukan hanya untuk kegiatan olah raga tapi juga untuk terapi kesehatan [hydrotherapy] guna mengatasi masalah-masalah pada anak – anak baik anak tipikal maupun anak berkebutuhan khusus seperti hipokinesia (kurang gerak), masalah muskuloskeletal kelemahan otot, masalah psikis kecemasan, stress pada anak dan bahkan fobia dengan air.
Hidro therapy atau terapi air adalah metode perawatan dan penyembuhan dengan menggunakan air untuk mendapatkan efek-efek terapeutik (Chaiton, 2002). Secara khusus, air memiliki kualitas untuk mencapai respon tubuh yang bisa menyembuhkan symptom – symptom dan meningkatkan mekanisme tubuh dalam menghadapi ancaman eksternal. Media air bisa digunakan karena faktor buoyancy (keterapungan) baik di kolam renang maupun kolam terapi.
Air dapat digunakan sebagai terapi dalam kondisi panas, hangat, netral (temperatur tubuh), dingin, atau dalam kondisi beku ataupun es.
Hidro therapy sesungguhnya merupakan metode terapi dengan pendekatan "low-tech" yang mengandalkan pada respon – respon yang merupakan reaksi tubuh terhadap air itu sendiri. Beberapa keuntungan dari terapi air antara lain: untuk mencegah memperbaiki kebugaran anak, menyembuhkan kelelahan anak, meningkatkan fungsi imunitas anak, meningkatkan energi tubuh anak, dan membantu kelancaran sirkulasi darah anak (Chaiton, 2002; Bates A , & Hansen N , 1996). Salah satu contoh efek terapeutik terapi air yang sederhana adalah dengan cara mandi dengan air yang lebih dingin dari biasanya. Dengan mandi air yang lebih dingin memungkinkan tubuh mengeluarkan jumlah dan panjang dingin yang lebih lama dan bahkan akan menimbulkan efek kesegaran pada anak.
Air adalah media yang sangat ideal bagi program latihan dan rehabilitasi pada anak – anak berkebutuhan khusus, ketika berdiri pada kedalaman sebahu maka terjadi pengurangan berat badan sebesar 90%, selain itu air mengurangi tekanan muskuloskeletal dan persendian (Rujito, 2008). Contoh lainnya ialah terapi kolam renang dengan air hangat yang memberi dampak kebebasan bergerak bagi anak dan mengurasi rasa sakit. Terapi di dalam kolam renang memungkinkan untuk berdiri bebas tanpa pegangan sehingga memiliki manfaat tidak terjadi benturan dan tekanan sebagaimana bila dilakukan di darat, terutama pada kasus anak – anak dengan kelemahan otot dan menyebabkan kestabilan saat berdiri – berjalan yang kurang akan terlatih dengan baik di kolam. Artinya, terapi dengan media kolam renang sangat banyak manfaatnya pada anak dengan gangguan muskuloskeletal.
Tulisan ini membahas beberapa hasil penelitian dan artikel-artikel tentang terapi air. Menengok dari maksud olahraga secara umum, olahraga renang bermanfaat untuk memelihara dan membina kesehatan baik jasmani maupun rohani. Olahraga renang dapat dilakukan dengan santai atau menjadi kegiatan rutin yang dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga renang dapat mengatasi banyak masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan jasmani, rohani dan sosial.
Bentuk kegiatan terapi ini dilakukan dengan latihan olahraga dalam air atau kolam renang yang memanfaatkan sifat fisik air. Kegiatan yang biasanya akan sangat di sukai oleh anak – anak terutama anak peserta didik berkebutuhan khusus.
Tujuan utamanya adalah membantu proses penyembuhan, baik pada gangguan keterlambatan tumbuh kembang maupun kondisi disorder seperti sensori, motorik, tonus otot, maupun gerak fungsional anak. Nama lain hidroterapi ini adalah aquatic rehabilitation.
Pada hidrotherapi, anak melakukan latihan yang didampingi guru yang sudah diberikan pelatihan/ pelatih / terapis. Gerakan akan disesuaikan dengan kondisi anak dan kebutuhan anak.
Suhu serta tekanan air memiliki peran dalam membantu merangsang perbaikan sirkulasi darah.
Salah satu metode Latihan pada anak dengan menggunakan media air ini bertujuan untuk mendapatkan efek relaksasi pada otot – sendi anak, pengurangan nyeri pada otot – sendi anak, sekaligus penguatan otot anak dengan cara yang menyenangkan.
Hidroterapi sangat bermanfaat pada anak – anak yang mengalami ketakutan – kecemasan – atau bahkan trauma pada air, pemulihan pascaoperasi, anak – anak dengan kelemahan otot ektremitas baik ekstremitas atas maupun ekstremitas bawah, anak dengan cedera tulang belakang dapat merasakan manfaat besar hidroterapi ini, anak dengan gangguan terlambat bicara untuk aktivasi otak kanan – kiri serta pernafasan anak untuk persiapan bicara, anak yang memiliki gangguan keseimbangan berdiri – berjalan dan koordinasi, anak dengan gangguan tidur juga bisa mendapatkan manfaatnya dan bahkan dapat digunakan untuk bayi.
Keunggulan hidroterapi antara lain relatif lebih efektif dalam mempercepat proses pencapaian capaian target peningkatan kekuatan otot – gerak sendi, membantu memperbaiki pernafasan anak yang akan berdampak pada kemampuan bicara anak semakin lancar, meningkatkan kerja sistem pernapasan, mengurangi pembebanan sendi, dan mengurangi risiko jatuh saat Latihan pada anak dengan gangguan keseimbangan – koordinasi serta peningkatan kekuatan otot dan meringankan kekakuan otot. Bagi anak yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir tenggelam karena guru yang sudah diberikan pelatihan / pelatih / terapis yang terlatih dan sudah bersertifikasi akan mendampingi anak dalam melakukan kegiatan ini.
Ada juga bentuk – bentuk hidroterapi yang lain, misalnya : sauna, sitz bath, whirl pool merupakan beberapa bentuk dari hidroterapi.
Ketika masuk ke kolam air sebatas pusar, berat tubuh berkurang hingga 50 persen. Bila berendam setinggi dada, berat tubuh semakin berkurang sekitar 70 persen. Karena itu, latihan yang sulit dilakukan oleh anak dengan gangguan kelemahan otot – sendi yang di darat dapat dilakukan dalam air dengan menggunakan Hidroterapi ini.
Pelaksanaannya Bagaimana?
Latihan dalam hidroterapi terdiri dari tiga fase Latihan pada anak, yaitu fase warm up (pemanasan), gerakan inti dengan berbagai gerakan latihan dan cooling down (pendinginan).
Asal Kata Hidroterapi
Hidroterapi berasal dari Bahasa Yunani dan terdiri dari dua kata “hudor” (berarti air) dan “therapeia” (berarti penyembuhan). Jadi hidroterapi adalah penyembuhan dengan menggunakan air.
Mengapa Hidroterapi penting untuk anak berkebutuhan khusus
Mengapa penting untuk anak peserta didik berkebutuhan khusus melakukan Hidroterapi ini dikarenakan :
1. Kegiatan Hidroterapi ini akan membantu untuk mereka berlatih tanpa adanya merasa Latihan, banyak anak berkebutuhan khusus yang seringkali menghindari kegiatan kegiatan yang bersifat meningkatkan kekuatan otot, endurance otot, keseimbangan dan bahkan seperti bekerja keras.
2. Kegiatannya menyenangkan
Kegiatan ini membuat anak seperti halnya play terapi atau kegiatan bermain main, menyenangkan bagi anak dan membuat anak berlatih tanpa mengingat waktu.
3. Kegiatan Hidroterapi ini aman untuk resiko terjatuh karena di sangga oleh air dengan daya apung dan efek gravitasinya yang berkurang karena berada di dalam air.
4. Kegiatan Hidroterapi ini mampu meningkatkan kekuatan otot ekstremitas anak baik ekstremitas atas maupun bawah.
Apa perbedaan antara Hidroterapi dengan bermain air
Hidroterapi berbeda dengan renang. Perbedaannya adalah kalau renang bersifat general dan tidak spesifik untuk masalah tertentu. Gerakannya pun dilakukan secara aktif yang mungkin bila dilakukan secara berlebihan dapat berisiko memperberat masalah pada otot, sensori anak yang sudah ada sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar